Tuesday 23 February 2016

Penyebab Oli Mesin Berwarna Putih Susu

Simbah Moto-Tech. Selamat pagi mas bro.. kali ini saya ingin berbagi sedikit pengetahuan tentang penyebab oli mesin berwarna putih susu.. mungkin ada sebagian kita yang mengalami kejadian seperti ini.. ini biasanya terjadi pada motor yang menggunakan pendingin cairan atau radiator..tapi bisa juga terjadi pada motor yang tidak menggunakan radiator..

untuk mendeteksinya sebenernya mudah sekali ya.. mungkin ada yang bertanya-tanya ni ketika ganti oli dan ternyata oli berubah warna .. ada apa ni??? .. oke.. kita lanjutkan .pertama yang harus kita ketahui adalah penyebab oli bisa berwarna putih susu.. oli berubah menjadi putih itu dikarenakan bercampur dengan air. nah setelah kita tahu penuyebabnya.. baru kita selidiki dari mana air bisa masuk keruang oli..

Pada sepeda motor..
untuk mengetahuinya kita cek dulu seal water pump (pompa air) pada motor yamaha vixion, mx itu terletak di tutup temeng.. kita kuras dulu air radiatornya dan kita buka tutup temeng terus lihat sealnya. apabila terjadi kerusakan seal maka ganti seal dengan yang baru.dan penegcekan pertama selesai
dan setelah kita pasang ternyata oli masih berwarna putih juga berarti ada saluran air yang bocor ditempat lain.. kita ketahui bahwa pada sepeda motor ada dua tempat dimana air dapat bercampur dengan oli .. yang pertama pada seal pompa oli dan yang kedua pada perpak deksel atau packing.
maka disini kita harus mengganti perpak deksel dengan yang baru..

tapi jika pada mobil masih ada lagi yang harus di cek. yaitu nok air pada deksel. jika sudah keropos maka harus diganti baru..
ini berdasarkan pengalaman saya ketika di bengkel mobil.. biasakan sebelum membongkar deksel kita cek nok air dahulu.. jadi tidak perlu turun deksel..
itu dulu dari dari saya..
terimakasih

  

4 komentar: