IACV sensor atau Idle
Air Control Valve adalah katup pengatur udara ketika kondisi motor dalam
keadaan langsam. Katup ini berfungsi layaknya choke pada motor karburator yang
fungsinya untuk membuat campuran bahan bakar lebih kaya agar mesin lebih mudah
menyala saat kondisi dingin.
Cara kerja IACV berkaitan dengan sensor pembaca
suhu mesin yaitu EOT, ketika EOT membaca suhu mesin masih dingin maka EOT memerintahkan
ECU untuk menaikkan RPM dan mengaktifkan IACV, dan sebaliknya.. jika EOT
pembaca suhu mesin telah layak digunakan maka EOT akan memerintahkan ECU untuk
menurunkan RPM ke kondisi edle langsam dan menonaktifkan IACV.
Selain berfungsi sebagai choke otomatis IACV juga
berfungsi agar mesin awet. Karena gini Bahwa
kerusakan mesin banyak disebabkan pada saat mesin pertama kali dinyalakan.
Karena saat mesin lama gak dipake atau berhenti lama oli dalam mesin akan turun
kebawah karna adanya gaya gravitasi… sehingga kondisi head minim oli… bisa di
bayangkan ketika head dan piston minim oli trus dipaksa bergeseka.komponen akan
cepat aus karna besarnya friksi. Dan agar oli cepat naik ke head di butuhkan
1500-2000 RPM.
Oleh karena itu lah sensor IACV yang bekerja menaikkan
RPM saat mesin dingin dan pertama kali menyalakan mesin, ini bertujuan untuk mempercepat
naiknya oli dan meminimalisir keausan mesin. Karena dengan kondisi langsam yang
tinggi oli akan cepat naik keseluruh bagian dan head.
Sloty Casino - Mapyro
ReplyDeleteWelcome to Sloty Casino, 성남 출장안마 an online gaming and 용인 출장안마 gaming 광명 출장마사지 hub in 양산 출장안마 the heart of the USA. Use the map to play for real money in your 양주 출장샵 chosen state.