pernahkah anda mengalami mengendarai sepeda motor ketika terjatuh motor langsung mati atau mungkin bahasa manusianya pingsan ,, hehe. itulah teknologi terbaru dari motor injeksi (lean angle sensor) dimana teknologi ini tidak ada di temukan pada motor konvensional. teknologi ini mencegah terjadinya putaran gas yang tinggi, karena ketika terjatuh biasanya kita reflek tidak sengaja memutar gas secara full dan itu sangat berbahaya. maka muncullah teknogi ini yang disematkan di motor injeksi yang sudah banyak kita temukan sekarang.
lean angle sensor adalah sebuah sensor yang mendeteksi sudut kemiringan sepeda motor. bila kemiringan sepeda motor melebihi dari sudut kemiringan yang telah di tetapkan oleh sensor maka ECU akan menghentikan suplai bahan bakar dan memutus sistem kerja fuel injetion. hal ini juga bertujuan untuk menghindari terjadinya sesuatu hal yang tidak di inginkan. misal kita terjatuh dan motor masih hidup, semua komponen aliran listrik masih bekerja ini sangat berbahaya apaabila bahan bakar teretumpah dan terkena percikan api dari sistem kelistrikan dapat mengakibatkan ledakan atau kebakaran.
oleh karena itu lean angle sensor bekerja menginformasikan ke ECU untuk menghentikan seluruh sistem fuel injetion apabila telah melebihi dari sudut kemiringan yang telah ditentukan.
cara kerja lean angle sensor pada dasarnya sama seperti sensor" pendukung injeksi lainnya. dalam kondisi normal lean angle sensor mengirim sinyal 1 volt ke ECU apabila motor terjatuh "melebihi 65 derajat" sensor mengirim sinyal 4 volt dan ECU menghentikan semua sistem fuel injektion. contoh ni apabila terjadi kecelakaan ringan motor terjatuh maka mesin motor akan mati dan ketika motor ditegakkan seperti semula motor akan dapat dihidupkan kembali dengan start panjang biasanya.
lean angle sensor adalah sebuah sensor yang mendeteksi sudut kemiringan sepeda motor. bila kemiringan sepeda motor melebihi dari sudut kemiringan yang telah di tetapkan oleh sensor maka ECU akan menghentikan suplai bahan bakar dan memutus sistem kerja fuel injetion. hal ini juga bertujuan untuk menghindari terjadinya sesuatu hal yang tidak di inginkan. misal kita terjatuh dan motor masih hidup, semua komponen aliran listrik masih bekerja ini sangat berbahaya apaabila bahan bakar teretumpah dan terkena percikan api dari sistem kelistrikan dapat mengakibatkan ledakan atau kebakaran.
oleh karena itu lean angle sensor bekerja menginformasikan ke ECU untuk menghentikan seluruh sistem fuel injetion apabila telah melebihi dari sudut kemiringan yang telah ditentukan.
cara kerja lean angle sensor pada dasarnya sama seperti sensor" pendukung injeksi lainnya. dalam kondisi normal lean angle sensor mengirim sinyal 1 volt ke ECU apabila motor terjatuh "melebihi 65 derajat" sensor mengirim sinyal 4 volt dan ECU menghentikan semua sistem fuel injektion. contoh ni apabila terjadi kecelakaan ringan motor terjatuh maka mesin motor akan mati dan ketika motor ditegakkan seperti semula motor akan dapat dihidupkan kembali dengan start panjang biasanya.
0 komentar:
Post a Comment