Saturday, 13 February 2016

Menyetel Kelonggaran Klep Vixion Sesuai Standar

Dalam menyetel klep kita harus pastikan mesin dalam keadaan dingin, atau pada temperature ruang. Pada saat mengukur celah klep , posisi piston harus berada pada titik mati atas (TMA) pada saat langkah kompresi.
Kita masuk ke langkah pertama:

  • Buka panel depan, seperti pelindung radiator (kanan-kiri), radiator, tempat duduk, dan tangki bensin.
  • Lepaskan cap busi (spark plug), selang vacuum air induction system, selang sistim air induction system.
  • Lepaskan air cut-off valve, reed valve,plat reed valve, penutup cylinder head dan gasket cylinder head.
  • Buka baut timing mark “1”, dan baut cup crangshaft “2”.
  • Putar crankshaft kearah kiri, tepatkan tanda TMA “a” pada rotor generator dengan tanda penepat “b” yang terdapat pada penutup generator. Dan pastikan tanda tersebut tepat.
  • Ukur kelonggaran klep dengan menggunakan feuler gauge, diluar spesisfikasi -> stel
7          Caranya:
  1.       Kendorkan mur pengunci “1”.
  2.       Masukkan feuler gauge “2” diantara ujung batang klep dan ujung baut penyetel.
  3.       Putar baut penyetel “3” kea rah “a” atau kearah “b” hingga didapat kelonggaran yang sesuai spesifikasi.
  4.      Tahan baut penyetel, agar stelan tidak ikut berputar dan kencangkan mur pengunci sesuai spesifikasi.
  5.       Periksa kembali celah kelp.
  6.         Jika celah klep berubah, lakukan kembali langkah penyetelan klep hingga didapat kelonggaran klep yang sesuai.
  •       Pasang kemballi baut cup crankshaft dan baut cup timing.
  •      Pasang gasket penutup cylinder head, plat reed valve, reed valve, air cut-off valve, selang air induction system, cup busi,radiator tangka bensin dan tempat duduk.
  •       Selesai
Sekian dari step” menyetel celah klep sesuai standar pabrik yang kami dapat dari buku manual Yamaha vixion. Semoga ini dapat menambah pengetahuan bagi pembaca yang baru tahu dan ingin mencoba untuk menyetel klep, dan mempraktekkannya dirumah.
Terimakasih.

0 komentar:

Post a Comment