Friday 12 February 2016

Cara Mengukur Tekanan Kompresi

          Selamat sore para pembaca, kali ini kita akan bahas bagaimana cara mengukur tekanan kompresi sepeda motor dengan menggunakan compression gauge. pentingnya mengukur tekanan kompresi yaitu untuk mengetahui apakah ada kerusakan yang terjadi padapiston atau ring piston. Dan jika tekanan kompresi tidak sesuai standar maka tenaga mesin akan berkurang dan boros bahan bakar. Kita mulai cara mengukur tekanan kompresi pada motor yamaah vixion( cara ini bisa digunakan pada motor lain).
  1. Ukur celah klep terlebih dahulu( jika diluar spesifikasi stel) kerena kita tidak bahas cara penyetelan    klep kita lewati langkah ini.
  2.  Hidupkan mesin beberapa saat untuk pemanasan, dan selanjutnya matikan mesin.
  3. Buka cup busi dan lepaskan busi. Sebelum melepas busi, bersihkan lubang disekitar busi dengan  udara bertekanan/compressor untuk menghindari kotoran masuk kedalam cylinder  melalui lubang  busi.
  4. Buka tempat duduk, angkat bagian depan tangka dan pasang compression gauge
  5. Ukur tekanan kompresi
  6. Standar tekanan kompresi masing-masing motor berbeda ini standar kompresi untuk motor Yamaha   vixion (440-580 kPa (62,6-82,5 psi)(4,4-5,8 kgf/cm2)).
    • Putar kunci kontak ke posisi “ON”
    • Dengan handel gas terbuka penuh, putar mesin, hingga tekakan kompresi stabil, dan tidak  bertambah lagi.
    • Jika tekanan kokmpresi lebih tinggi dari spesifikasi maksimum, periksa cylinder head,kepala klep.   Dan kepala piston dimungkinkan ada endapan karbon.
    • Jika tekanan kompresi dibawh spesifikasi minimum, masukkan sedikit oli kedalan lubang busi  dan periksa kembali tekanan kompresi dan lihat tebel di bawah ini.
Tekanan kompresi (dengan  oli dimasukkan ke dalam cylinder melalui lubang busi
Kondisi
Diagnosa
Lebih tinggi dibandingkan jika tanpa oli
Ring piston aus atau patah (ganti / perbaiki)
Sama dengan tanpa oli
Piston, klep,gasket cylinder head atau piston dimungkinkan rusak (ganti / perbaiki)
       7. Buka compression gauge  dan pasang kembali yang di lepaskan tadi sesuai urutan.


0 komentar:

Post a Comment