Sunday 14 February 2016

Cara Mengatasi Motor mio brebet di putaran bawah


Simbah moto-tech. Awalnya saya sangat kebingungan ketika motor mio yang saya kendarai mendadak brebet di putaran bawah tapi terasa enak di putaran atas. Maksudnya begini pada saat kita menarik gas perlahan motor terasa ogah"an mau jalan seperti nyendat gitu tapi ketika di gas pool motor terasa enak. jadi motor gak enak di bawa pelan dan motor tidak bisa stasioner.

sambil pusing-pusing saya berfikir gimana caranya supaya motor enak lagi..
saya bongkar carburatornya terus bersihkan dengan bensin, vakum saya cek mana tau ada kebocoran dan ternyata tidak ada, setelah semua selesai carburator saya pasang lagi, hidupkan setel angin ternyata tidak ada perubahan.

setelah beberapa kali bongkar karburator tetap juga tidak ada perubahan akhirnya saya cek busi, wah ternyata si busi ini warnanya hitam sekali gosong. menurut pengetahuan saya kalau busi berwarna hitam itu tandanya campuran bahan bakar terlalu kaya (keborosan). disitulah awal dari titik temu,bongkar lagi bongkar lagi, saya cek pilot jet dan main jetnya ini ukuran standar seharusnya tidak boros. oke deh kalo gitu saya coba buka itu yang tempat masuknya jarum skep ntah apa namanya gakk tau aku. yang di dalam main jet itu. ingat bukanya pelan-pelan jangan sampai ada yang cacat. dan tenyata setelah saya lihat lubangnya sudah membesar dan tidak bulat lagi..

dari itu saya langsung beli isi karburator saya ganti samua isinya dan jarum skep karburator
saya pasang  lagi dan ternyata setelah stel angin sampai ketemu campuran angin dan bahan bakar yang sesuai akhirnya motor kembali normal tidak brebet dan enak.

disini saya menegaskan saya bukan orang yang ahli di bidang mesin. tapi saya suka dengan dunia otomotif terutama mesin motor, mesin mobil juga suka.hehe jadi sampai sekarang saya masih belajar.oleh karena itu materi materi yang saya share semua saya ambil dari buku dengan sumber yang jelas. dan saya bukan bermaksud menggurui para master" yang sudah ahli di bidangnya. tapi ini sebagai catatan saya dan untuk saya belajar. dan mana tau ada orang" yang sama" ingin belajar dan setelah membaca postingan saya dia jad itahu kan alhamdulillah.. heheh

oke deh sekian dulu dari saya. kalau ada kritik dan saran silahkan sampaikan di kolom komentar.
terimakasih telah membaca

18 komentar:

  1. Ganti daleman karburator kena berapa gan, soalnya motor sy mio sporty, juga seperti itu di bawa RPM rendah brebet, lancar di RPM tinggi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Murah kok gan.. gak sampai 100 rbu

      Delete
    2. parkit mio / daleman harga murah cuman 30 ribu belum termasuk ongkos pasang

      Delete
  2. gan motor saya mio sporty th 2006 kalau di RPM tinggi suka brebet/kehilangan tenaga,tp klu trs di gas brebetnya hilang tp kadang muncul lagi padahal sudah ganti:
    1.membran bensin/kran bensin,
    2. membran/ karet beserta jarumnya karburator
    3.cdi
    4.coil
    5.busi
    6.saringan udara
    padahal sudah d servis,jd bingung saya gan,bengkel yg menangani jg bingung🤔 😭
    tolong pencerahannya ya gan,terima kasih banyak sebelumnya gan👌🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek bagian spul nya gan...
      Ganti baru biar tokcer

      Delete
    2. Coba cek bagian spul nya gan...
      Ganti baru biar tokcer

      Delete
    3. Q juga mengalami hal yang sama seperti ente gan...ketika mau di nyalain juga susah hidup.gmna apa sudah ketemu solusinya ?? Mohon pencerahanya gan..terima kasih sebelumnya

      Delete
    4. Maaf gan bukan sok pintar...coba ganti main zet nya(standar lagi)..klw masih SMA aja coba naikin 1 tingkat bisa jadi itu main zet udh ga bagus

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. makasih gan info nya, sangat membantu

    ReplyDelete
  5. itu scape chuk karbunya sda longgar kamu harus ganti karbu klo gtu sma membranya jga

    ReplyDelete
  6. Mohon infonya gan..motor sya mio j..klo buat gas pelan brebet klo gas tinggi normal itu kira2 apanya y...padahal uda ganti injektornya..

    ReplyDelete
  7. Bang motor mio ane kadang gak dapet gas di gasnya gk jalan2 mohon infonya

    ReplyDelete
  8. Sama nih mio saya juga brebet klo plan.. Padahal ganti vakum baru..

    ReplyDelete
  9. iya motor ane jga.. vakum baru mbran baru masi brebet gasnya.. bawaanya mau ngebut aja

    ReplyDelete
  10. Gan sya punya mio sporty pincang kalau mau kasih naik gasnx tdk mau atau mati padahal sudah sya ganti karburator baru busi jga sya ganti.. Kira apanya itu gan.

    ReplyDelete
  11. Gan sya punya mio sporty pincang kalau mau kasih naik gasnx tdk mau atau mati padahal sudah sya ganti karburator baru busi jga sya ganti.. Kira apanya itu gan.

    ReplyDelete