Selamat Siang sobat,, kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai cara kerja injection pada mobil diesel. dimana pada mobil diesel tidak menggunakan busi dalam sistem pembakarannya seperti mobil bensin.tetapi dengan tekanan injection.
coba kita lihat gambar di bawah ini:
9. Over Flow pipe (pipa balik bahan bakar)
cara kerja inject pomp:
disini saya jelaskan dengan penjelasan menurut saya agar mudah dipahami, karena penjelasan aslinya itu ruwet banget, bikin mumet hehe. tapi tidak mengurangi inti dari cara kerja injeksi pump itu sendiri. monggo disimak.
1. Injection pump(6) mendorong bahan bakar dari Fuel Tank(1) menuju Injection Nozzle(8) melewati Fuel filter(5)dengan tekanan dan dilengkapi dengan sebuah mekanisme untuk menambah dan mengurangi jumlah bahan bakar yang menuju nozzle.
2. Plunger di dorong ke atas oleh camshaft. plunger itu mekanisme yang mendorong bahan bakar menuju injector. dan Plunger ini diatur oleh chamshaf .dimana plunger yang terkena tonjolan chamshaf bergerak ke atas dan ke bawah dan disesuaikan pada saat piston pada posisi top compresi.
ya begitulah kira-kira.
3. Governor yang terpasang pada pompa injeksi digunakan untuk mengatur kecepatan mesin. Kecepatan mesin ini sebanding dengan mengalirnya bahan bakar ke dalam ruang bakar.
4. Pada governor mekanik, pengaturan injeksi bahan bakarnya sesuai dengan kerja governor yang bekerja berdasarkan gaya sentrifugal. Plunger dari pompa injeksi berputar oleh gerakan dari batang gerigi pengatur bahan bakar ( Control Rod ), dengan demikian mengatur jumlah bahan bakar yang diinjeksikan ke dalam silinder.
5. Control Rod di hubugkan ke governor melalui floating lever. bila putaran mesin naik batang gerigi pengatur bahan bakar bergerak mengurangi jumlah bahan bakar yang di injeksikan. bila putaran mesin turun batang gerigi pengatur bahan bakar bergerak menambah bahan bakar yang di injeksikan.
hadeeh mumet ya.. hehe ribet emang kalo mendetail gitu .. inti dari cara kerja injeksi pump memompa bahan bakar ke injektor dengan tekanan tinggi. yang diatur oleh chamshaf, dengan jumlah bahan bakar yang di tentukan . gitu,.. ??
sekian deh dari saya.. buat para master" yang lebih faham di bidang injeksi mohon koreksinya.. karena tidak semua orang faham beneran, cuma teori doang,,, hehe ..
seperti pengalaman saya di bengkel mobil dulu..
oh tapi jangan risau jangan kuatir saya ada file Swf cara kerja injeksi yang bisa kalian unduh disini
terimakasih..
coba kita lihat gambar di bawah ini:
Keterangan gambar:
1. Fuel Tank (tangki bahan bakar)
2. Fuel Line (selang bahan bakar)
3. Priming Pump (priming pompa)
4. Feed Pump (pompa balik)
5. Fuel Filter (filter bahan bakar)
6. Fuel Injection (pompa injeksi)
7. Injection Pipe (pipa injeksi)
8. Injection Nozle (injektor)9. Over Flow pipe (pipa balik bahan bakar)
cara kerja inject pomp:
disini saya jelaskan dengan penjelasan menurut saya agar mudah dipahami, karena penjelasan aslinya itu ruwet banget, bikin mumet hehe. tapi tidak mengurangi inti dari cara kerja injeksi pump itu sendiri. monggo disimak.
1. Injection pump(6) mendorong bahan bakar dari Fuel Tank(1) menuju Injection Nozzle(8) melewati Fuel filter(5)dengan tekanan dan dilengkapi dengan sebuah mekanisme untuk menambah dan mengurangi jumlah bahan bakar yang menuju nozzle.
2. Plunger di dorong ke atas oleh camshaft. plunger itu mekanisme yang mendorong bahan bakar menuju injector. dan Plunger ini diatur oleh chamshaf .dimana plunger yang terkena tonjolan chamshaf bergerak ke atas dan ke bawah dan disesuaikan pada saat piston pada posisi top compresi.
ya begitulah kira-kira.
3. Governor yang terpasang pada pompa injeksi digunakan untuk mengatur kecepatan mesin. Kecepatan mesin ini sebanding dengan mengalirnya bahan bakar ke dalam ruang bakar.
4. Pada governor mekanik, pengaturan injeksi bahan bakarnya sesuai dengan kerja governor yang bekerja berdasarkan gaya sentrifugal. Plunger dari pompa injeksi berputar oleh gerakan dari batang gerigi pengatur bahan bakar ( Control Rod ), dengan demikian mengatur jumlah bahan bakar yang diinjeksikan ke dalam silinder.
5. Control Rod di hubugkan ke governor melalui floating lever. bila putaran mesin naik batang gerigi pengatur bahan bakar bergerak mengurangi jumlah bahan bakar yang di injeksikan. bila putaran mesin turun batang gerigi pengatur bahan bakar bergerak menambah bahan bakar yang di injeksikan.
hadeeh mumet ya.. hehe ribet emang kalo mendetail gitu .. inti dari cara kerja injeksi pump memompa bahan bakar ke injektor dengan tekanan tinggi. yang diatur oleh chamshaf, dengan jumlah bahan bakar yang di tentukan . gitu,.. ??
sekian deh dari saya.. buat para master" yang lebih faham di bidang injeksi mohon koreksinya.. karena tidak semua orang faham beneran, cuma teori doang,,, hehe ..
seperti pengalaman saya di bengkel mobil dulu..
oh tapi jangan risau jangan kuatir saya ada file Swf cara kerja injeksi yang bisa kalian unduh disini
terimakasih gan, sangat bermanfaat
ReplyDeleteSingkat padat jelas,matur suwun
ReplyDelete