Berbicara mendongkrak akselerasi motor, banyak cara
yang bisa ditempuh. Mulai dari oprek mesin, kelistrikan sampai mekanik. Salah
satunya adalah penggantian rasio gir atau saya lebih prefer menyebutnya final
gear (depan dan belakang). Meskipun cara ini tergolong murah karena hanya
menebus beberapa puluh ribu saja namun efektif juga lho.
Perlu diingat, perbandingan final gear dirancang
sedemikian rupa oleh pabrikan dengan berbagai riset yang membutuhkan waktu
lama. Hal ini dimungkinkan bahwa motor yang notabenenya sebagai sarana publik
mampu melibas segala macam kondisi jalan baik itu jalan mendatar ataupun yang
berkarakter tanjakan.
Namun, yang namanya manusia dalam hal ini biker sering
kali memodifikasi motor tanpa perhitungan. Misal, pengaplkikasian Ban Besar.
Maksudnya sih, ingin tampilan motor kesayangan bak motor-motor motogp. Tapi
sayang, sering kali hal tersebut tak dihiraukan biker. Padahal, pengaplikasian
ban gambot, akan memaksa mesin motor bekerja lebih berat dari biasanya. Hal ini
yang menyebabkan usia pakai mesin motor akan menjadi pendek.
Bila memang demikian, para bikers yang suka ganti ban
gambot patut memperhitungkan mengganti final gir motor kesayangan. Untuk apa?
Tentunya untuk meringankan kinerja mesin. Bisa dengan menaikkan mata gir
belakang 1-2 mata dari gir standar. Misal yamaha vixion, dari pabrikan motor
ini dibekali perbandingan final gear 14/42. Untuk menghitungkan mudah, Angka
mata gir belakang dibagi angka mata gir depan, hasilnya 42 : 14 = 3,0. Jika
mengaplikasikan ban gambot ukuran 130/70-17 tentunya akan memperberat kinerja
mesin, oleh karena itu bisa mengubah perbandingan final gear menjadi 14/44, dengan
perhitungan 44 : 14 = 3,14. Meskipun hanya naik sebesar 0,14 namun dalam kenyataannya
akan terasa signifikan.
Tapi, Mengubah nilai final gear dari standarnya akan
berefek pada top speed dan akselerasi. Semakin besar nilai yang dihasilkan dari
perbandingan final gir akan berdampak pada peningkatan akselerasi (tarikan
motor menjadi ringan)tapi mengorbankan top speed. Sebaliknya, semakin kecil
hasil perbandingan final gear maka semakin meningkatkan top speed namun akan
menurunkan akselerasi motor. Khusus untuk poin peningkatan top speed, tak akan
dirasakan secara signifikan karena keterbatasan power motor dalam kondisi
standar. Perlu tambahan lain seperti CDI unlimiter untuk mendongkrak top speed
tersebut.
kalo saya sendiri sih lebih baik meningkatkan top
speed ketimbang akselerasi...dengan menggunakan final gear 15/42. untuk
mengatasi supaya akselerasi tidak down tinggal aplikasikan ban kecil..yang lagi
musim pada saat ini.
hehehe kalo udah gini kalo cuma cari top speed 130
km/jam itu sih gampang...
ini masih menggunakan knalpot standard pabrikan
....kalo menggunakan knalpot racing saya pernah mencoba bisa menyentuh 140
km/jam...
lumayan buat main jarak jauh...
ohh jadi begitu, ga pake vixion sih, tp abang ane pake vixion. nice artikel gan
ReplyDeleteSip gan
Delete